PUSAT MEUBLE

SELAMAT DATANG DI BLOG KAMI
http://Myunusblogspotcom

Jumat, 11 Januari 2013

RPP AKUNTANSI

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Mata Pelajaran        :    Antropologi
Kelas / Semester        :    XI / 1
Pertemuan ke        :    1
Alokasi Waktu        :    2 x 45 menit 
Standar Kompetensi    :    Menganalisis Kesamaan dan Keragaman Budaya
Kompetensi Dasar    :    Mengidentifikasi berbagai budaya lokal, pengaruh budaya asing dan hubungan antar budaya.
Indikator    :    -    Menjelaskan arti budaya
        -    Mendiskripsikan berbagai budaya lokal
        -    Mendemonstrasikan berbagai budaya lokal yang ada di Indonesia
        -    Menganalisis pengaruh budaya asing
        -    Mendiskripsikan pengaruh hubungan antar budaya

I.    Tujuan Pembelajaran :
•    Siswa mampu mencermati berbagai budaya lokal
•    Siswa dapat menjelaskan pengaruh hubungan antar budaya
•    Siswa dapat menjelaskan pengaruh budaya asing
•    Siswa mampu meyimpulkan pengaruh hubungan antar budaya dan pengaruh budaya asing.

II.    Materi Ajar (Materi Pokok)
•    Keanekaragaman budaya

III.    Metode Pembelajaran
•    Pengamatan
•    Diskusi
•    Penugasan

IV.    Langkah-langkah Pembelajaran
a.    Kegiatan Awal
•    Menyiapkan kondisi fisik dan mental siswa dengan cara relaksasi. Contoh : Yel-yel Siswa
•    Curah pendapat tentang pengetahuan siswa mengenai ciri budaya setempat / lokal.
b.    Kegiatan Inti
•    Guru membagi kasus atau gambar berbagai budaya lokal dan asing
•    Siswa mendiskusikan kasus/gambar dengan teman sebangku
•    Laporan hasil diskusi ditulis di papan tulis atau white board.
•    Tanggapan dari kelompok dibuat telly, dari hasil frekwensi banyaknya telly menjadi rekomendasi dan prioritas.

c.    Penutup
•    Memberikan postest kepada siswa secara random untuk menggugah kembali ingatan materi yang telah dipelajari.
•    Menyimpulkan keragaman budaya yang telah didiskusikan.
•    Tindak lanjut berupa proyek tentang issue yang sedang hangat di sekitar kehidupannya berkaitan keanekaragaman budaya (proyek siswa dijadikan sebagai dokumen portofolio).

VI.    Alat – bahan dan sumber belajar
•    Buku Antropologi
•    Bahan bacaan (buku, artikel, internet, koran yang relevan)
•    Gambar, foto, CD.
•    Masyarakat setempat.

VI.    Penilaian
1.    Penilaian performance
•    Diskusi kelompok tentang berbagai budaya lokal dan hubungan antar budaya.
•    Aspek yang dinilai.
-    Kecakapan akademis
-    Kecakapan sosial
•    Pedoman pensekoran
-    Skor 5,     jika penguasaan materi sangat baik
-    Skor 4,    jika penguasaan materi baik
-    Skor 3,    jika penguasaan materi sedang
-    Skor 2,    jika penguasaan materi kurang
-    Skor 1,    jika penguasaan materi sangat kurang.
•    Pengembangan konsep
-    Skor 5,     jika mampu mengembangkan konsep dengan sangat baik.
-    Skor 4,     jika mampu mengembangkan konsep dengan dengan baik.
-    Skor 3,     jika pengembangan konsepnya
-    Skor 2,     jika kurang pengembangan konsepnya
-    Skor 1,     jika sangat kurang pengembangan konsepnya.
2.    Kecakapan sosial
•    Kerjasama dalam kelompok
-    Skor 5,     jika kerjasamanya dalam kelompok sangat baik
-    Skor 4,     jika kerjasamanya dalam kelompok baik
-    Skor 3,     jika kerjasamanya dalam kelompok cukup
-    Skor 2,     jika kerjasamanya dalam kelompok kurang
-    Skor 1,     jika kerjasamanya dalam kelompok sangat kurang
•    Hubungan dengan kelompok lain
-    Skor 5,     jika dapat bertanya dan menjawab dengan sangat baik pada saat diskusi kelas
-    Skor 4,     jika dapat bertanya dan menjawab dalam kelompok baik pada saat diskusi kelas
-    Skor 3,     jika dapat bertanya dan menjawab dengan baik pada saat diskusi kelas
-    Skor 2,     jika kemampuan kurang dalam bertanya dan menjawab pada saat diskusi kelas
-    Skor 1,     jika kemampuan sangat kurang dalam bertanya dan menjawab pada saat diskusi kelas.

•    Tanggung jawab
-    Skor 5,     jika tanggung jawab dalam kelompok sangat baik
-    Skor 4,     jika tanggung jawab dalam kelompok baik
-    Skor 3,     jika tanggung jawab dalam kelompok cukup
-    Skor 2,     jika tanggung jawab dalam kelompok kurang
-    Skor 1,     jika tanggung jawab dalam kelompok sangat kurang
•    Aspek penilaian lain :
No    Aspek Yang dinilai    BS    B    C    K
1.    Terbuka               
2.    Perhatian/antusias               
3.    Keaktifan               
4.    Minat               
5.    Disiplin               
6.    Tanggung jawab               
    Jumlah skor               

Keterangan :
BS    =    4
B    =    3
C    =    2
K    =    1
•    Laporan Tertulis Kelompok
No    Aspek    Skor
1.    Sistematika    1    2    3    4
2.    Isi materi    1    2    3    4
3.    Bahasa    1    2    3    4




Tidak ada komentar:

Posting Komentar