RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Mata Pelajaran : Antropologi
Kelas / Semester : XI / 1
Pertemuan ke : 1
Alokasi Waktu : 2 x 45 menit
Standar Kompetensi : Menganalisis Kesamaan dan Keragaman Budaya
Kompetensi Dasar : Mengidentifikasi berbagai budaya lokal, pengaruh budaya asing dan hubungan antar budaya.
Indikator : - Menjelaskan arti budaya
- Mendiskripsikan berbagai budaya lokal
- Mendemonstrasikan berbagai budaya lokal yang ada di Indonesia
- Menganalisis pengaruh budaya asing
- Mendiskripsikan pengaruh hubungan antar budaya
I. Tujuan Pembelajaran :
• Siswa mampu mencermati berbagai budaya lokal
• Siswa dapat menjelaskan pengaruh hubungan antar budaya
• Siswa dapat menjelaskan pengaruh budaya asing
• Siswa mampu meyimpulkan pengaruh hubungan antar budaya dan pengaruh budaya asing.
II. Materi Ajar (Materi Pokok)
• Keanekaragaman budaya
III. Metode Pembelajaran
• Pengamatan
• Diskusi
• Penugasan
IV. Langkah-langkah Pembelajaran
a. Kegiatan Awal
• Menyiapkan kondisi fisik dan mental siswa dengan cara relaksasi. Contoh : Yel-yel Siswa
• Curah pendapat tentang pengetahuan siswa mengenai ciri budaya setempat / lokal.
b. Kegiatan Inti
• Guru membagi kasus atau gambar berbagai budaya lokal dan asing
• Siswa mendiskusikan kasus/gambar dengan teman sebangku
• Laporan hasil diskusi ditulis di papan tulis atau white board.
• Tanggapan dari kelompok dibuat telly, dari hasil frekwensi banyaknya telly menjadi rekomendasi dan prioritas.
c. Penutup
• Memberikan postest kepada siswa secara random untuk menggugah kembali ingatan materi yang telah dipelajari.
• Menyimpulkan keragaman budaya yang telah didiskusikan.
• Tindak lanjut berupa proyek tentang issue yang sedang hangat di sekitar kehidupannya berkaitan keanekaragaman budaya (proyek siswa dijadikan sebagai dokumen portofolio).
VI. Alat – bahan dan sumber belajar
• Buku Antropologi
• Bahan bacaan (buku, artikel, internet, koran yang relevan)
• Gambar, foto, CD.
• Masyarakat setempat.
VI. Penilaian
1. Penilaian performance
• Diskusi kelompok tentang berbagai budaya lokal dan hubungan antar budaya.
• Aspek yang dinilai.
- Kecakapan akademis
- Kecakapan sosial
• Pedoman pensekoran
- Skor 5, jika penguasaan materi sangat baik
- Skor 4, jika penguasaan materi baik
- Skor 3, jika penguasaan materi sedang
- Skor 2, jika penguasaan materi kurang
- Skor 1, jika penguasaan materi sangat kurang.
• Pengembangan konsep
- Skor 5, jika mampu mengembangkan konsep dengan sangat baik.
- Skor 4, jika mampu mengembangkan konsep dengan dengan baik.
- Skor 3, jika pengembangan konsepnya
- Skor 2, jika kurang pengembangan konsepnya
- Skor 1, jika sangat kurang pengembangan konsepnya.
2. Kecakapan sosial
• Kerjasama dalam kelompok
- Skor 5, jika kerjasamanya dalam kelompok sangat baik
- Skor 4, jika kerjasamanya dalam kelompok baik
- Skor 3, jika kerjasamanya dalam kelompok cukup
- Skor 2, jika kerjasamanya dalam kelompok kurang
- Skor 1, jika kerjasamanya dalam kelompok sangat kurang
• Hubungan dengan kelompok lain
- Skor 5, jika dapat bertanya dan menjawab dengan sangat baik pada saat diskusi kelas
- Skor 4, jika dapat bertanya dan menjawab dalam kelompok baik pada saat diskusi kelas
- Skor 3, jika dapat bertanya dan menjawab dengan baik pada saat diskusi kelas
- Skor 2, jika kemampuan kurang dalam bertanya dan menjawab pada saat diskusi kelas
- Skor 1, jika kemampuan sangat kurang dalam bertanya dan menjawab pada saat diskusi kelas.
• Tanggung jawab
- Skor 5, jika tanggung jawab dalam kelompok sangat baik
- Skor 4, jika tanggung jawab dalam kelompok baik
- Skor 3, jika tanggung jawab dalam kelompok cukup
- Skor 2, jika tanggung jawab dalam kelompok kurang
- Skor 1, jika tanggung jawab dalam kelompok sangat kurang
• Aspek penilaian lain :
No Aspek Yang dinilai BS B C K
1. Terbuka
2. Perhatian/antusias
3. Keaktifan
4. Minat
5. Disiplin
6. Tanggung jawab
Jumlah skor
Keterangan :
BS = 4
B = 3
C = 2
K = 1
• Laporan Tertulis Kelompok
No Aspek Skor
1. Sistematika 1 2 3 4
2. Isi materi 1 2 3 4
3. Bahasa 1 2 3 4
Mata Pelajaran : Antropologi
Kelas / Semester : XI / 1
Pertemuan ke : 1
Alokasi Waktu : 2 x 45 menit
Standar Kompetensi : Menganalisis Kesamaan dan Keragaman Budaya
Kompetensi Dasar : Mengidentifikasi berbagai budaya lokal, pengaruh budaya asing dan hubungan antar budaya.
Indikator : - Menjelaskan arti budaya
- Mendiskripsikan berbagai budaya lokal
- Mendemonstrasikan berbagai budaya lokal yang ada di Indonesia
- Menganalisis pengaruh budaya asing
- Mendiskripsikan pengaruh hubungan antar budaya
I. Tujuan Pembelajaran :
• Siswa mampu mencermati berbagai budaya lokal
• Siswa dapat menjelaskan pengaruh hubungan antar budaya
• Siswa dapat menjelaskan pengaruh budaya asing
• Siswa mampu meyimpulkan pengaruh hubungan antar budaya dan pengaruh budaya asing.
II. Materi Ajar (Materi Pokok)
• Keanekaragaman budaya
III. Metode Pembelajaran
• Pengamatan
• Diskusi
• Penugasan
IV. Langkah-langkah Pembelajaran
a. Kegiatan Awal
• Menyiapkan kondisi fisik dan mental siswa dengan cara relaksasi. Contoh : Yel-yel Siswa
• Curah pendapat tentang pengetahuan siswa mengenai ciri budaya setempat / lokal.
b. Kegiatan Inti
• Guru membagi kasus atau gambar berbagai budaya lokal dan asing
• Siswa mendiskusikan kasus/gambar dengan teman sebangku
• Laporan hasil diskusi ditulis di papan tulis atau white board.
• Tanggapan dari kelompok dibuat telly, dari hasil frekwensi banyaknya telly menjadi rekomendasi dan prioritas.
c. Penutup
• Memberikan postest kepada siswa secara random untuk menggugah kembali ingatan materi yang telah dipelajari.
• Menyimpulkan keragaman budaya yang telah didiskusikan.
• Tindak lanjut berupa proyek tentang issue yang sedang hangat di sekitar kehidupannya berkaitan keanekaragaman budaya (proyek siswa dijadikan sebagai dokumen portofolio).
VI. Alat – bahan dan sumber belajar
• Buku Antropologi
• Bahan bacaan (buku, artikel, internet, koran yang relevan)
• Gambar, foto, CD.
• Masyarakat setempat.
VI. Penilaian
1. Penilaian performance
• Diskusi kelompok tentang berbagai budaya lokal dan hubungan antar budaya.
• Aspek yang dinilai.
- Kecakapan akademis
- Kecakapan sosial
• Pedoman pensekoran
- Skor 5, jika penguasaan materi sangat baik
- Skor 4, jika penguasaan materi baik
- Skor 3, jika penguasaan materi sedang
- Skor 2, jika penguasaan materi kurang
- Skor 1, jika penguasaan materi sangat kurang.
• Pengembangan konsep
- Skor 5, jika mampu mengembangkan konsep dengan sangat baik.
- Skor 4, jika mampu mengembangkan konsep dengan dengan baik.
- Skor 3, jika pengembangan konsepnya
- Skor 2, jika kurang pengembangan konsepnya
- Skor 1, jika sangat kurang pengembangan konsepnya.
2. Kecakapan sosial
• Kerjasama dalam kelompok
- Skor 5, jika kerjasamanya dalam kelompok sangat baik
- Skor 4, jika kerjasamanya dalam kelompok baik
- Skor 3, jika kerjasamanya dalam kelompok cukup
- Skor 2, jika kerjasamanya dalam kelompok kurang
- Skor 1, jika kerjasamanya dalam kelompok sangat kurang
• Hubungan dengan kelompok lain
- Skor 5, jika dapat bertanya dan menjawab dengan sangat baik pada saat diskusi kelas
- Skor 4, jika dapat bertanya dan menjawab dalam kelompok baik pada saat diskusi kelas
- Skor 3, jika dapat bertanya dan menjawab dengan baik pada saat diskusi kelas
- Skor 2, jika kemampuan kurang dalam bertanya dan menjawab pada saat diskusi kelas
- Skor 1, jika kemampuan sangat kurang dalam bertanya dan menjawab pada saat diskusi kelas.
• Tanggung jawab
- Skor 5, jika tanggung jawab dalam kelompok sangat baik
- Skor 4, jika tanggung jawab dalam kelompok baik
- Skor 3, jika tanggung jawab dalam kelompok cukup
- Skor 2, jika tanggung jawab dalam kelompok kurang
- Skor 1, jika tanggung jawab dalam kelompok sangat kurang
• Aspek penilaian lain :
No Aspek Yang dinilai BS B C K
1. Terbuka
2. Perhatian/antusias
3. Keaktifan
4. Minat
5. Disiplin
6. Tanggung jawab
Jumlah skor
Keterangan :
BS = 4
B = 3
C = 2
K = 1
• Laporan Tertulis Kelompok
No Aspek Skor
1. Sistematika 1 2 3 4
2. Isi materi 1 2 3 4
3. Bahasa 1 2 3 4
Tidak ada komentar:
Posting Komentar